Sunday, May 1, 2016

Human Capital, apakah itu sebenarnya?

"Semuanya memiliki keindahan, namun tidak semua orang dapat melihatnya" - Confucius.




Dewasa ini banyak sekali istilah yang berkembang dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya adalah tentang Human Capital (HC). Saya sendiri lebih sepakat mendefinisikan HC sebagai sumber daya yang tak kan habis, yaitu manusia.

Apakah karena manusia tidak akan punah? Yang saya maksudkan tak kan habis bukan jumlahnya, tetapi potensi yang ada dalam diri setiap manusia.

Jika kita menambang emas, cepat atau lambat emas yang digali akan habis. Kita harus mencari tambang baru lagi, dan seterusnya, sampai tambang di bumi ini pada akhirnya punah.

Jika kita menambang minyak mentah, cepat atau lambat minyak yang dibor akan habis dan punah. Kita harus mencari sumur baru lagi, dan seterusnya, sampai sumur di bumi ini pada akhirnya punah.

Sumber daya yang tak pernah habis adalah manusia, karena potensi manusia begitu besar. Yang sulit adalah bagaimana cara mengeluarkan potensi yang ada di dalam diri setiap manusia.


Coba kita lihat ajang kompetensi Got Talent, begitu banyak manusia memiliki talenta yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya, misalnya:

1.     Menari dengan 1 jari di atas botol
2.     Memanah dengan kaki
3.     Bahkan berkarya tanpa memiliki tangan dan kaki

Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Tentunya tidak terjadi dalam 1 (satu) malam, butuh yang namanya kerja keras, kesabaran, dan keikhlasan. Potensi yang besar dalam diri manusia dapat keluar apabila pekerjaan tersebut dilakukan atas dasar kecintaaan terhadap yang apa yang dilakukan.


Begitu banyak manusia yang ada di bumi ini bekerja tanpa makna, menyia-nyiakan potensi besar yang ada dalam dirinya. Sebagai contoh: sering dijumpai keryawan kantoran hanya sekedar mencari gaji dan melakukan aktivitas kurang produktif selama bekerja, seperti: ha-ha hi-hi, gossip, melamun, menunggu jam pulang kantor. Bisa dibayangkan jika sebuah perusahaan memiliki karyawan yang antusias bekerja, seperti halnya peserta Got Talent yang memiliki tujuan hidup yang jelas. Dapat diperkirakan begitu banyak ide kreatif yang tumbuh sehingga dapat mendorong kemajuan perusahaan tersebut, yang pada akhirnya memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi para karyawannya.


Penulis: Ridho Hutomo

No comments:

Post a Comment